Rabu, 21 April 2010

Optimalisasi Windows 7 dan Vista

. Rabu, 21 April 2010

Bagi pengguna Windows 7 atau Windows Vista banyak yang komplen windowsnya berjalan lambat dan kurang maksimal dan bingung bagaimana cara mengoptimalkan windowsnya biar dapat berjalan lebih cepat dan stabil tentunya. Disini saya hanya sekedar memberikan informasi tentang bagai mana cara mengoptimalkan dan mengubah setting-setting tersembunyi yang ada, bisa menggunakan Ultimate Windows Tweaker. Tools gratis dan portable ini berfungsi untuk tweaking dan optimasi, sehingga bisa membuat sistem operasi menjadi lebih cepat, stabil dan lebih aman hanya dengan beberapa klik.

Ultimate Windows Tweaker otomatis akan mendeteksi apakah Windows yang digunakan adalah Windows Vista / Windows 7, sehingga pilihan yang tampil otomatis disesuaikan. Apa saja fitur program ini ?



System Information :

- Menampilkan Informasi Sistem operasi, version + build no, system rating, processor, RAM, deskripsi komputer dan lainnya.

Personalization

- Windows Explorer, berbagai opsi yang berkaitan dengan tampilan/menu yang ada di Windows Explorer.
- Customize Start Menu, seperti menyembunyikan beberapa menu items dan lainnya.
- Taskbar Appearance seperti Disable Aero Peek preview, lock taksbar, disable windows preview (thumbnails), menghilangkan beberapa icon dan lainnya.

User Account & UAC

- Mengubah beberapa menu di Welcome Screen
- Mengubah efek text di Welcome Screen, juga background
- Beberapa pengaturan di User Account Control

System Performance

- Pengubahan Tooltip menampilkan nilai aktual dalam milidetik
- Perbakan “Menu Action”
- Tweak untuk sistem performance, seperti auto end non-respondins applications, otomatis restart shell, Uload DLL dari memory, dan lainnya.
- Optimasi services, seperti Disable Superfetch service, Windows Security Center, Windows Time service, PRinter spooling, Tablet PC, Windows Update dan Windows Aero user interface.

Security Settings

- Administrative restriction, seperti disable Registry editor, command prompt, Task manager, MMC snap-ins, WinKey Control, System Restore, pengubahan warna dan tampilan, COntrol panel, autoplay dan lainnya.
- Windows Explorer Restriction : Disable folder options, menghilangkan tab security, fitur CD burn dan menghilangkan contect menu bawaan explorer.
- WIndows Application Restriction, seperti disable Windows media center, sound recorder, Windows Defender, sidebar, error reportin dan windows mobility center.
- Windows Update Setting

Network Tweaks

- Berbagai tweak tentang jaringan
- Otimalisasi bandwidth

Internet Explorer

- Reset IE ke setting bawaan (defaut)
- General, seperti mengubah judu window, download directory dan lainnya
- Berbagai setting di Tab dan Advanced configuration

Additional Tweaks

- Menampilkan context menu untuk drive dan folder juga file and folder.
- Berbagai tweak lainnya, seperti disable Hibernation, windows startup sound, pagefile, encryption dan lainnya.

Download softwarenya (disini)

Program ini tidak dapat digunakan untuk tweak Windows XP. Jika anda ingin meng-kustomisasi beberapa setting tersembunyi, bisa menggunakan TweakUI yang bisa di download dari halaman Microsoft PowerToys for Windows XP download (disini)


Semoga Berhasil

Related Post



Bookmark and Share

15 comments:

Unknown mengatakan...

Nice info sob...

Dimas blogs mengatakan...

wah bagus sob.. kebetulan aq jg pakai win7..
makaci infonya..
ada info tentang linux terbaru sob..
kunjungi ya???

pluma mengatakan...

nice artikel aku jg pake windows vista...
mau tanya optimalisasi yang untuk xp ada g??

adi hosol mengatakan...

nice info sob

gandhy mengatakan...

makasih infonya..

Urang Bogor mengatakan...

Keren Banget gan, ane lagi cari kebetulan nih, Vista di Laptop Boz ane lemot sangat....!! Thx Infonya....!!!

ahmad mengatakan...

ane masih pake XP sob! takut ntar ane ganti windows 7 malah game2 g mau masuk. XP soalnya hampir seluruh system requirement game harus pake XP. tapi patut di bookmark nih tips

Aang Gunaifi mengatakan...

thanks tipsnya gan, salam kenal n kunjungan....

percetakan jogja mengatakan...

terima kasih informasinya, pass banget nie saya baru cari cara untuk mengoptimalkan windows, soalnya perasaan kok lambat, sebelum upgrade vga dan memory pengen cari2 tahu dulu bagaimana mengoptimalkan yang sudah ada.

terima kasih ... keep sharing ...
regard
eria

wita mengatakan...


thanks

uyan mengatakan...


nice info gan

tina mengatakan...


artikelnya sangat berkualitas dan menarik

peni mengatakan...


makasih infonya

vika mengatakan...


sukses terug ea gan :)

rendi mengatakan...


ditunggu gan artikel selanjutnya, nice gan atrikelnya

Posting Komentar

--->>>Jangan lupa tinggalkan komentar.....komentar anda motivasi saya<<<---

Popular Post

 
Jasad boleh terhempas dan terjungkil, tetapi jiwa dan ruhul jihad tidak boleh binasa. Pemikir dan mujahid ilmu tidak boleh ragu dan gugup menghadapi tantangan. ia harus tenang, tabah dan pandai menyelematkan diri, mengendalikan jalannya perjuangan dan mengembangkan harapan. bila kebenaran telah tiba, kebatilan akan musnah | Semua manusia akan mati, kecuali yang berilmu. semua yang berilmu akan tidur kecuali yang mengamalkan ilmunya | Pengetahuan adalah warisan yang mulia, budi pekerti ibarat pakaian yang baru dan pikiran ibarat cermin yang bening (jernih). | Seekor burung hantu yang bijaksana duduk di sebatang dahan. Semakin banyak ia melihat, semakin sedikit ia berbicara. Semakin sedikit ia bicara, semakin banyak ia mendengar. Mengapa kita tidak seperti burung hantu yg bijaksana itu?. | Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup | Kita tidak akan sanggup mengekang amarah dan hawa nafsu secara keseluruhan hingga tidak meninggalkan bekas apapun dalam diri kita. Namun jika mencoba untuk mengendalikan keduanya dengan cara latihan dan kesungguhan yang kuat, tentu kita akan bisa. |